Asal Muasal Kue Bulan

Bagi orang Tionghoa atau orang Tionghoa, kue bulan tentu tidak asing. Di negara asalnya, Cina, festival kue bulan adalah perayaan khusus menyambut musim gugur. Dalam tradisi Cina atau rakyat Tiongkok, semua keluarga besar akan berkumpul untuk makan kue bulan untuk merayakan festival kue bulan yang jatuh setiap bulan purnama atau setiap bulan purnama. Biasanya, anggota keluarga yang terpisah untuk jangka waktu bergabung dengan keluarga besar mereka. Oleh karena itu, perayaan kue bulan ini adalah hari libur umum terbesar kedua di Cina setelah Tahun Baru Cina.

Tradisi kue bulan ini telah menyebar ke seluruh dunia dan dirayakan oleh semua penduduk asal Cina, termasuk Indonesia. Pada 2012, festival kue bulan jatuh pada 30 September. Kemudian tahun ini, festival kue bulan akan dirayakan pada tanggal 19 September

Namun, tahukah Anda dari mana kue bulan ini berasal? Bagaimana kisah munculnya tradisi perayaan kue bulan ini?

Asal mula kue bulan

Festival kue bulan, atau dalam bahasa Mandarin adalah festival Zhong Qiu Jie, adalah hari sukacita yang dilambangkan dengan kehadiran bulan purnama. Menurut perhitungan kalender lunar Tiongkok, hari libur jatuh pada tanggal 15 bulan 8, ketika bulan paling dekat dengan bumi, berdampingan dengan langit dan bercahaya, melambangkan penyatuan pria (matahari) dengan wanita (bulan), seperti Yin dan Yang dalam tradisi Tiongkok.

Tradisi ini pertama kali muncul di dinasti Xia dan Shang. Tradisi ini adalah tradisi Cina yang merupakan ritual, tetapi ritual ini hanya populer selama Dinasti Tang. Ritual ini datang dari komunitas pertanian Cina, di mana mereka meminta dewa Bumi untuk memberikan musim yang baik dan panen.

Pada akhir masa panen, sekitar pertengahan bulan ke delapan, para petani akan menyembah dewa-dewa yang memberi panen berlimpah. Menyembah dalam bentuk rasa terima kasih dan terima kasih kepada para dewa. Banyak yang berpikir bahwa Festival Pertengahan Musim Gugur atau Festival Kue Bulan memiliki sumbernya di sini.

Selain itu, masih ada legenda lain tentang festival kue bulan ini. Dikatakan bahwa di zaman kuno Bumi memiliki 10 matahari dan membuat orang mengering dan menderita. Kemudian seorang pemanah bernama Hou Yi pergi untuk menembakkan 9 matahari sehingga hanya ada satu matahari. Hou Yi dianggap sebagai pahlawan dan bernama raja Cina.

Suatu hari, Hou Yi pergi ke Pegunungan Kun Lun untuk bertemu Ratu Xi Xi Mu. Sang ratu juga memberinya obat mujarab yang bisa membuat orang terbang ke surga dan menjadi dewa. Hou Yi juga mempercayakan obat itu kepada istrinya yang bernama Chang'E. Seorang pejabat istana, Peng Meng, mengetahui fungsi dan lokasi obat itu. Dia memiliki niat mencuri itu.

Suatu hari, ketika Hou Yi keluar dari istana, Peng Meng menyusup ke kamar Hou Yi dan memaksa Chang'e untuk memberinya obat. Chang'E, yang menyadari bahwa dia tidak sanggup menghadapi Peng Meng, segera minum obat dan melarikan diri.

Tiba-tiba, Chang'e merasakan tubuhnya menjadi sangat ringan dan kemudian terbang ke langit. Dalam mengkhawatirkan suaminya, Chang'E telah mendarat di bulan, benda angkasa yang paling dekat dengan Bumi. Ketika Hou Yi pulang, dia sangat sedih setelah tahu apa yang terjadi. Hou Yi kemudian membuat altar untuk memperingati istrinya, Chang'E, yang menjadi dewi bulan. Di sana, ia menempatkan makanan kesukaan Chang'e dan buah segar sebagai persembahan untuk istrinya di bulan. Dikatakan bahwa keindahan Chang'E akan sangat terlihat dari bumi ketika bulan berada dalam keadaan paling terang dan paling cerah.
Latest
Previous
Next Post »